Minggu, 03 Juni 2018

Konservasi Penyu Sukamade




KONSERVASI PENYU SUKAMADE

Sebagai tempat tujuan ekowisata yang berlokasi di zona pemanfaatan intensif Taman Nasional Meru Betiri (TNMB), di tempat ini wisatawan dapat secara langsung menyaksikan penyu bertelur, melepas tukik, camping hingga berkano pada sore hari sambil menunggu sunset.

Terdapat beragam fasilitas yang ada di pantai Sukamade antara lain pondok wisata, camping ground yang dilengkapi pendopo sebagai ruang pertemuan, jalan trail wisata, information center, laboratorium dan pondok kerja.



Pantai Sukamade yang dikenal sebagai habitat tempat penyu bertelur juga memiliki fasilitas penetasan telur-telur penyu semi alami yang menambah nilai tersendiri bagi penikmat wisata pantai. Pasalnya wisatawan yang datang dapat mengikuti kegiatan pelepasan tukik (anak penyu) sebagai bentuk usaha dari konservasi penyu.

Proses penyu bertelur sendiri memakan waktu hampir 3 jam mulai dari penyu naik ke pantai sampai kembali lagi ke laut. Ada pemandu yang akan memandu kita mencari penyu betina yang mendarat di pantai untuk bertelur. Biasanya, penyu betina akan bertelur antara bulan November hingga Maret.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar